5 Penemuan Hebat Pada Zaman Romawi Kuno

Romawi memang mempunyai keunggulan tersendiri bahkan kekaisaran Romawi pada masa lalu merupakan kerajaan terbesar di Benua Eropa. Romawi awalnya sebagai kerajaan dimulai tahun 753 SM, namun akhirnya Romawi kemudian berkembang menjadi Republik pada 508 SM, dan pada akhirnya pada tahun 27 SM maju menjadi suatu kekaisaran, atau sering disebut juga Imperium Romawi.

Romawi memang menjadi penting untuk peradaban kuno di eropa, bahkan peranan kebudayaan Romawi dalam membentuk peradaban Barat hanya mampu disaingi perannya oleh pengaruh kebudayaan Yunani.

Ballista Beruntun, atau Polybolos

Ballista Beruntun, atau Polybolos

Ballista memang sudah familiar dipakai oleh bangsa romawi namun sebagai bangsa yang pintar mereka selalu berinovasi. Maka bangsa romawi terus menyempurnakan senjata ballista. Hingga akhirnya di suatu masa romawi berhasil menciptakan ballista beruntun repeating ballista. Atau dalam bahasa latin: polybolos.

Polybolos sendiri mampu menembakkan panah sejauh 400 meter. Dengan mekanisme mesin gir ballista tersebut mampu menembakkan panah secara beruntun karena. Nah alat perang ini dibawa oleh kereta kuda. Maka polybolos menjadi mesin pemanah yang mematikan.

Kincir Air Barbegal

Kincir Air Barbegal

Nah sebagai bangsa yang rakyatnya sebagian besar petani, maka Romawi menciptakan sebuah kincir yang berguna untuk pembuatan tepung, karena makanan mereka yang utama adalah roti. Maka kincir air pun sangat berguna buat mereka.

Kincir Air Barbegal yang sendiri letaknya di Fontvieille, bagian selatan Perancis dan merupakan penemuan yang sering disebut sebagai “ pusat konsentrasi kekuatan mekanik terhebat yang diketahui pada masa kuno”. Bangsa Romawi membangun Kincir Air Barbegal dengan memiliki 16 kincir air yang mampu mengalirkan 33 galon air per detik. Kincir air mengalirkan air dari atas bukit ke bawah dan melewati desa, sangat membant sekali kincir air ini untuk kemajuan mereka.

Polyspastos
Polyspastos

Pembangunan gedung-gedung mewah di Romawi tak lepas dari peran penemuan alat angkat berat yang bernama Polyspastos.

Polyspastos sendiri adalah bahasa latin yang artinya “beberapa katrol”. Secara umum, Polyspastos merupakan rangkaian derek yang menggunakan gir untuk menggerakkan katrol. Dengan Polyspastos inilah Kekaisaran Romawi mampu membangun banyak hal, hingga bangsa yang besar ini diakui keberadaannya di dunia.

Sistem Jalan Romawi 

Sistem Jalan Romawi 

Salah satu contoh Sistem Jalan Romawi di Kota Pompeii. sumber: en.wikipedia.com

Hebatnya Romawi ketika membangun jalan, mereka selalu saja membuat arah jalan tersebut lurus. Dengan arah jalan yang lurus maka jarak yang ditempuh oleh pasukan juga lebih efisien.

Bahkan teknisi Romawi menggunakan bahan baku jalan berupa batu-batu andesit yang besar sebagai dasarnya. Setelah batu-batu andesit besar diratakan, di atasnya dilapisi dengan kerikil. Bahan terakhir yang disertakan adalah batu besar yang rata. Melalui jalan besar dan rata, pasukan infantri maupun kavaleri Romawi mampu bergerak dengan cepat. Dan hebatnya lagi jalan-jalan yang dibuat mereka masih bertahan hingga kini.

Saluran Air Atau Akuaduk

Saluran Air Atau Akuaduk

Saluran air di Romawi memang terkenal, sistem pengairan Romawi untuk mengairi air bersih ke pemukiman dan juga bath house sudah menjadi ciri khas peradaban Romawi.

Akuaduk sendiri sebenarnya struktur kanal / saluran penyediaan air yang dapat diatur / dinavigasikan, dibangun dengan fungsi utama untuk mengalirkan air. Istilah akuaduk ini dipakai untuk berbagai macam sistem pipa, selokan, kanal, terowongan dan struktur lain yang digunakan untuk tujuan tersebut Dalam penggunaan yang lebih sempit, akuaduk yang juga disebut dengan jembatan air ini mengalirkan air melintasi rentang jarak tertentu sehingga muka airnya tetap sama di kedua sisi, tapi fungsinya sangat penting untuk masyarakat romawi sendiri.

Itulah beberapa pembangunan yang dilakukan Romawi dan hingga kini masih bisa kita lihat masa kejayaannya di beberapa tempat. Bagaimana semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian semua ya sobat. Monggo seruupuutt dolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *